OBJEK WISATA UJUNG GENTENG


Ujung Genteng merupakan daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau 230 kilometer dari Kota Bandung. Waktu tempuhnya sekitar enam atau tujuh jam perjalanan bermobil. Selain jalannya cukup mulus juga terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan.
Pantai Ujung Genteng memiliki karakteristik umumnya pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal bersih airnya dan ombaknya yang besar. Walaupun demikian, pantai ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan pantai Pelabuhan Ratu yang terkenal rawan dan sering merenggut korban jiwa karena ombaknya yang ganas. Walaupun pantai Ujung Genteng menghadap bebas ke Samudera Hindia, namun ombaknya yang besar tak membahayakan pelancong yang gemar bermain-main di laut. Ombak besar dari tengah samudera lebih dulu pecah berserak lantaran terhalang gugusan karang laut di depan bibir pantai, sehingga kita dapat menikmati alam dengan pantai yang indah, aman, dan nyaman. Anak-anak boleh berenang di laut sepuasnya dan memungkinkan memandang sekumpulan ikan berwarna-warni di sela-sela batu karang, menandakan betapa alaminya lingkungan Ujung Genteng.
Di daerah Ujung Genteng sendiri terdapat banyak tempat menarik, seperti melihat langsung penyu hijau (Chelonia Mydas) di pantai Pangumbahan. Ada juga lokasi di mana Anda bisa berselancar di atas ombak yang cukup menantang yang terkenal dengan sebutan ”ombak tujuh”. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk olahraga selancar. Sebutan ombak tujuh menurut penduduk karena ombaknya selalu berurutan tujuh ombak dan selalu besar-besar. Untuk yang suka memancing, di Ujung Genteng merupakan tempat yang cocok di mana ikannya cukup banyak dan bervariasi.
Disamping objek wisata alam, Ujunggenteng juga memiliki objek wisata dalam bentuk proses pembuatan gula kelapa oleh masyarakat setempat. Pembuatannya sederhana sekali yakni dengan memanfaatkan perkebunan kelapa luas, para penduduk memasang bokor untuk menampung cairan dari kembang kelapa lalu di kumpulkan dan dimasak dikuali lalu dicetak dengan potongan bambu yang ukurannya lebih besar dari ukuran gula kelapa yang ada di pasaran.



Penangkaran Penyu Ujung Genteng
Jika anda ke Pelabuhan Ratu, jangan lupa juga untuk anda datang atau mengunjungi Penyu Laut yang sedang asyik berenang atau juga sedang asik bertelur. Lokasi penangkaran penyu ini yaitu tepatnya di kawasan pantai Pangumbahan Ujung Gentang Kecamatan Ciracap yang jaraknya + 140 Km arah selatan dari pusat Kota Pelabuhan Ratu. Ketika anda sudah disana, dan jika tengah malam sudah tiba biasanya penyu-penyu laut yang beratnya rata-rata 100 Kg ini mulai kedarat menyusup diantara pasir putih yang tiada lain adalah untuk bertelur. Untuk bertelur, biasanya penyu-penyu ini membuat lubang di pasir dan disaat penyu-penyu itu sedang membuat lubang biasanya mereka tidak mau diganggu seprti adanya cahaya senter atau suara bisikan manusia, karena jika di ganggu maka penyu-penyu itu biasanya tidak jadi bertelur. Jadi jika anda ingin melihatnya, maka anda bisa menyaksikan mereka bertelur dikala mereka sudah membuat lubang atau saat sedang mengeluarkan telur yang jumlahnya biasanya sampai 150 buah telor. 
Setelah itu kemudian mereka kembali lagi ke laut dalam waktu sampai 21,5 Jam sampai kemudian mereka kembali malam berikutnya untuk bertelur kembali. Jika anda mau kesana, anda jangan takut…!!! karena disana juga bakal anda yang mendampingi saat anda mau menyaksikan penyu-penyu itu beratraksi atau bertelur. kemudian juga disekitar sana sudah tersedia Villa yang di sediakan khusus untuk para pengunjungnya, pokoknya anda harus mencobanya, akan merasakan lebih dekat kepada alam.


Curug Cikaso
Curug Cikaso, lokasi air terjun ini berada di kawasan wisata Ujung Genteng. Cikaso adalah nama sungai yang mengalir dari hulunya yang terletak di Sukabumi Utara hingga berakhir dengan muaranya di Pantai Selatan di daerah Kecamatan Surade, Sukabumi Selatan. Dari hulu hingga muaranya, air sungai cikaso mengaliri beberapa curaman tebing-tebing sungai membentuk curahan air terjun yang yang menakjubkan. Lokasi wisata Air Terjun Cikaso ini akan menjadi pelengkap wisata bahari anda di Ujung Genteng setelah cukup puas menikmati pesona laut pantai-pantai di Ujung Genteng, inilah lokasi yang tepat untuk berenang di air tawar.
Air terjun Cikaso atau lebih dikenal dengan nama lokal Curug Cikaso ini terletak di antara Jampang Kulon dan Surade.  Limpahan air terjun terlihat megah dan menawan, wajar panorama air terjun ini menjadi favorit bidikan para juru kamera yang bisa anda liat di berbagai macam sumber di internet. Ujung Genteng disamping dikenal dengan pesona pantainya, ternyata juga kaya dengan curug/air terjun di sepanjang sungai-sungainya, selain Curug Cikaso anda dapat juga menemui curug-curug lainnya yang juga cukup dikenal seperti Curug Luhur, Curug Cigansa dan masih banyak lagi lainnya.

Tanah lot Amanda ratu
Amanda Ratu adalah nama sebuah resort yang terletak kurang lebih 30 menit sebelum kita mencapai Ujung Genteng. Luas dan besar areanya, penginapannya juga tampaknya terawat dengan baik. Aku sendiri juga kurang mengerti tentang detailnya karena aku sendiri hanya sekilas menyempatkan diri mampir ke Amanda Ratu karena penasaran ketika aku membaca kalau disini terdapat sebuah karang yang mirip seperti Tanah Lot. Dan memang benar disini terdapat sebuah karang besar yang terletak di tengah-tengah muara sungai dan di belakang karang tersebut berhadapan langsung dengan laut lepas. Hanya saja bedanya diatas karang tersebut tidak terdapat Pura seperti di Tanah Lot dan juga tidak bisa diseberangi karena airnya selalu tinggi sepertinya.
 Selain pemandangan berupa sebuah karang besar tersebut sepertinya hampir tidak ada lagi yang bisa dinikmati kecuali jika kita bermalam di Amanda Ratu Resort yang tentunya kita bisa menikmati segala fasilitasnya. Amanda Ratu Resort memang tempat penginapan yang terbaik di daerah Ujung Genteng tapi lokasinya sayang terlalu jauh dari objek wisata pantai-pantainya. Kecuali jika anda datang ke Ujung Genteng untuk mencari ketenangan maka Amanda Ratu Resort tempat yang sangat sesuai untuk anda. Apalagi tempatnya agak sedikit menjorok ke dalam dari jalan utama dan berada di tengah-tengah perkebunan kelapa.
 

 SO BE THERE :)

Read Users' Comments (2)

2 Response to "OBJEK WISATA UJUNG GENTENG"

  1. Hoby Jepret, on January 10, 2011 at 7:30 PM said:

    keren...

  2. irma dewi, on January 11, 2011 at 11:45 AM said:

    hehe iya..

Post a Comment